Tuesday 19 July 2016

BUDIDAYA CACING SUTRA



Cacing sutra atau biasa disebut cacing rabut ini memiliki panjang sekitar 3 cm. Umumnya cacing ini dapat dengan mudah ditemukan di saluran air. Namun dengan semakin banyaknya kebutuhan para pembudidaya ikan hias. Ketersediaan cacing ini di alam seakan tidak pernah cukup untuk memenuhi permintaan pasar. Peternak ikan hias sendiri memang sangat tergantung pada cacing sutra untuk pakan ikan mereka.

Cara Budidaya Cacing Sutra

Persiapan Pembibitan
Dalam proses pembibitan, haruslah  bibit yang steril dari bakteri. Terutama jika bibit tersebut berasal dari alam. Caranya dengan mengkarantina bibit dalam wadah yang sudah dialiri air dengan debit rendah. Air yang digunakan juga harus bersih dan mengandung cukup oksigen, biarkan selama 3 hari. Jika tidak mau repot cukup membeli bibit di toko ikan hias (gitu aja kok repot..!)

Persiapan Media untuk Budidaya Cacing Sutra
Media untuk perkembang biakan cacing dapat dibuat dari kolam semen ataupun nampan plastik. Tergantung dari ketersediaan tempat dan bahan.
Yang terpenting, air pada media dapat mengalir. Berikan saluran untuk pembuangan dan saluran masuknya air.
Untuk yang menggunakan nampan dengan sistem rak. Saluran masuknya air cukup ditaruh pada nampan paling atas. Kemudian beri lubang pada samping nampan  tepat ditengah. Sehingga nampan paling atas jika sudah terisi setengah kelebihan air akan mengalir pada nampan dibawahnya dan untuk bagian paling bawah.
Sebelum diisi air, beri nampan campuran lumpur sawah dan pasir. Untuk menambah nutrisi, beri lumpur kotoran ayam dan ampas tahu yang sudah difermentasi dengan Bioboost. Diamkan dahulu 5 hari.

Proses Pemeliharaan
Dalam proses pemeliharaan perlu menjaga ketinggian air pada kisaran 5 cm dan jangan lupa untuk memberikan fermentasi kotoran ayam.
Sebagai makanan tambahan, berikan sawi–sawian hingga umur 10 hari atau sampai anakan cacing tumbuh seperti bulu-bulu halus.

Masa Panen
Setelah beberapa minggu cacing sutra siap untuk dipanen.
Cara memanennya:
Nampan plastik ditutup hingga gelap.
Biarkan 5 jam, nanti cacing akan bergerombol dipermukaan..
Kumpulan cacing yang berwarna merah ini, ambil dengan tangan atau serok..

Smg bermanfaat...

No comments:

Post a Comment