Pranata Mangsa (bahasa Jawa = penentuan musim) adalah
semacam penanggalan yang berkaitan dengan musim menurut pemahaman suku Jawa,
khususnya dari kalangan petani dan nelayan.
Pemahaman seperti ini juga dikenal oleh suku-suku lainnya di
Indonesia, seperti suku Sunda dan suku Bali (dikenal sebagai Kerta Masa) atau
di beberapa tradisi Eropa, misalnya pada bangsa Jerman dikenal sebagai Bauern
kalendar (penanggalan untuk petani).
Pranata Mangsa berasal dari dua kata, yaitu:
Pranata yang berarti Aturan,
Mangsa yang berarti Musim atau Waktu.
Jadi Pranata Mangsa adalah Aturan waktu yang digunakan para
petani sebagai penentuan atau mengerjakan sesuatu pekerjaan.
Hal ini dipelopori oleh Raja Pakoeboewono VII dan
dimulai sejak 22 Juni 1856.
Contohnya melaksanakan usaha tani bercocok tanam atau melaut
para nelayan, merantau atau berperang.
Biasanya digunakan oleh para petani pedesaan berdasarkan
pada naluri saja, dari leluhur yang sebetulnya belum tentu dimengerti asal-usul
dan bagaimana uraian satu-satu kejadian di dalam setahun, tetapi tetap dipakai
dan sebagai patokan untuk mengolah pertanian.
Pranata Mangsa adalah aturan waktu musim, yang berdasar pada
solar kalender.
Mungkin kalender Pranata Mangsa ini termasuk dari 40 sistem
kalender yang oleh sebuah studi tahun 1987 digunakan di dunia dan dikenal dalam
pergaulan internasional dan lebih spesifikasiknya hanya dikategorikan ke dalam
tiga mazhab besar, yaitu sistem kalender masehi/syamsiah (solar calendar),
kalender qomariah (lunar calendar), dan lunisolar, sehingga dengan kata lain
kalender Pranata Mangsa mengacu pada sistem kalender yang perhitungannya
berdasarkan pada perjalanan bumi saat melakukan revolusi mengorbit matahari.
Kalender Pranata Mangsa juga mengenal tahun kabisat dan
basithah yang dikenal dengan wastu dan wuntu.
Hal itu dilakukan sama persis dengan sistem kalender
syamsiah agar tetap sinkron dengan tahun tropis (musim). Untuk menjaga
sinkronisasi inilah, jumlah harinya disisipi dalam bentuk tahun kabisat (leap
year) sebagai tambahan pada jumlah hari rata-rata kalender tersebut.
Menurut sumber aslinya, yaitu Kitab
Primbon Qamarussyamsi Adam, makna Pranata Mangsa puniku petangan mangsa
wawaton lampahing suz.
Petangan punika dede barang enggal, wiwit kina-makina inggih
sampun wonten.
Ing taun masehi 1855 potongan wau kabangun malih saking
mangsa kasa (mangsa 1, dhawah ing suraya 22 juni 1855. menggah jengkapi sataun
wonten ing wekasaning mangsa : Sadha (mangsa 12), dhawah surya 20 juni 1856.
Dados pranata mangsa taun : 1 jangkep umur dinten.
Peteangan taun pranata mangsa wau, manawi dhawah taun wastu
(taun lak) umur 365 dinten (mangsanipun kawolu umur 26 dinten), dene dhawah
taun wuntu (taun panjang), umur 366 dinten dene pratelan kados ing ngandhap
punika.
Dari uraian bahasa Jawa di atas dapat pahami bahwa Pranata
Mangsa diambil dari sejarah para Raja di Surakarta, yang tersimpan di musium
Radya-Pustaka.
Menurut sejarah, sebetulnya baru dimulai tahun 1856, saat
kerajaan Surakarta diperintah oleh Pakoeboewono VII yang memberi
patokan bagi para petani agar tidak rugi dalam bertani, tepatnya dimulai
tanggal 22 Juni 1855 titik balik matahari pada musim panas, penanggalan ini
dipakai di daerah tropis seperti di Jawa dan Bali.
Pada awalnya sebelum ada Kalender Jawa, masyarakat masih
menggunakan sistem Penanggalan Saka Hindu yang berdasarkan pergerakan matahari.
Kemudian pada tahun Saka Hindu 1554 atau bertepatan dengan
tahun 1933 M, Raja Mataram Sri Sultan Agung Prabu
Hanyokrokusumo mengganti konsep dasar sistem penanggalan matahari menjadi
sistem bulan seperti kalender hijriah.
Perubahan penanggalan tersebut berlaku untuk seluruh pulau
Jawa dan Madura, kecuali Banten, Batavia dan Banyuwangi (Blambangan).
Hal tersebut terjadi karena ketiga daerah tersebut tidak termasuk
dalam wilayah kekuasaan Sultan Agung.
Pulau Bali dan Palembang yang mendapatkan pengaruh budaya
Jawa, juga tidak ikut mengambil alih kalender karangan Sultan Agung ini.
Perubahan Kalender Jawa dilakukan pada hari Jumat Legi saat
tahun baru Saka 1555 dan bertepatan dengan 1 Muharram 1043 H atau 8 Juli 1633
M.
Pergantian sistem ini tidak mengganti hitungan tahun Saka
1555 yang sedang berjalan menjadi tahun pertama, tetapi meneruskannya.
Hitungan tahun tersebut berlangsung sampai saat ini.
Pada tahun 1855 M, karena penanggalan bulan dianggap tidak
memadai sebagai patokan para petani untuk bertanam, maka bulan-bulan musim atau
bulan-bulan matahari yang disebut sebagai pranata mangsa diperbaharui
oleh Sri Paduka Mangkunegara IV.
Penanggalan yang telah diperbaharui tersebut ditetapkan
secara resmi dengan nama-nama Pranata Mangsa tersebut sebagai berikut :
Menggah dhuawahing taun wuntu punika katentokaken saben 4
taun sapisan; dene psangetangipun : menawi angkaning taun kapara 4 pinang
ceples, dhawah taun wuntu, kajawi yen angkaning taun wau dhauh atau jejeg.
1. Kasa, mulai 22 Juni, berusia 41 hari.
Para petani membakar dami yang tertinggal di sawah dan di
masa ini dimulai menanam palawija, sejenis belalang masuk ke tanah, daun-daunan
berjatuhan.
Penampakannya/ibaratnya : lir sotya (dedaunan) murca saka
ngembanan (kayu-kayuan).
2. Karo, mulai 2 Agustus, berusia 23 hari.
Palawija mulai tumbuh, pohon randu dan mangga, tanah mulai
retak/berlubang.
Penampakannya/ibaratnya : bantala (tanah) rengka (retak). Musim
kapok bertunas tanam palawija kedua.
3. Katiga, mulai 25 Agustus, berusia 24 hari.
Musimnya/waktunya lahan tidak ditanami, sebab panas sekali,
yang mana Palawija mulai di panen, berbagai jenis bambu tumbuh.
Penampakannya/ibaratnya : suta (anak) manut ing Bapa
(lanjaran).
Musim ubi-ubian bertunas panen palawija.
4. Kapat, mulai 19 September, berusia 25 hari.
Sawah tidak ada (jarang) tanaman, sebab musim kemarau, para
petani mulai menggarap sawah untuk ditanami padi gaga, pohon kapuk mulai
berbuah, burung-burung kecil mulai bertelur.
Penampakannya/ibaratnya : waspa kumembeng jroning kalbu
(sumber).
Musim sumur kering, kapuk berbuah, tanam pisang.
Pada masa ini kemarau berakhir.
5. Kalima, mulai 14 Oktober, berusia 27 hari.
Mulai ada hujan, selokan sawah diperbaiki dan membuat tempat
mengalir air di pinggir sawah, mulai menyebar padi gaga, pohon asem mulai
tumbuh daun muda, ulat-ulat mulai keluar.
Penampakannya/ibaratnya : pancuran (hujan) emas sumawur
(hujannya) ing jagad. Musim turun hujan, pohon asam bertunas, pohon kunyit
berdaun muda.
6. Kanem, mulai 10 Nopember, berusia 43 hari.
Para petani mulai menyebar bibit tanaman padi di pembenihan,
banyak buah-buahan (durian, rambutan, manggis dan lain-lainnya), burung blibis
mulai kelihatan di tempat-tempat berair.
Penampakannya/ibaratnya : rasa mulya kasucian (sedang
banyak-banyaknya buah-buahan).
Musim buah-buahan mulai tua, mulai menggarap sawah.
7. Kapitu, mulai 23 Desmber, usianya 43 hari.
Benih padi mulai ditanam di sawah, banyak hujan, banyak
sungai yang banjir.
Penampakannya/ibaratnya : wisa kentar ing ing maruta (bisa
larut dengan angin, itu masanya banyak penyakit).
Musim banjir, badai longsor mulai tandur.
8. Kawolu, mulai 4 Pebruari, usianya 26 hari, atau 4 tahun
sekali 27 hari.
Padi mulai hijau, uret mulai banyak.
Penampakannya/ibaratnya : anjrah jroning kayun (merata dalam
keinginan, musimnya kucing kawin).
Musim padi beristirahat, banyak ulat, banyak penyakit.
9. Kasanga, mulai 1 Maret, usianya 25 hari.
Padi mulai berkembang dan sebagian sudah berbuah, jangkrik
mulai muncul, kucing mulai kawin, cenggeret mulai bersuara.
Penampakannya/ibaratnya : wedaring wacara mulya (binatang
tanah dan pohon mulai bersuara).
Musim padi berbunga, turaes (sebangsa serangga) ramai
berbunyi.
10. Kasepuluh, mulai 26 Maret, usianya 24 hari.
Padi mulai menguning, mulai panen, banyak hewan hamil,
burung-burung kecil mulai menetas telurnya.
Penampakannya/ibaratnya : gedong minep jroning kalbu (masa
hewan sedang hamil).
Musim padi berisi tapi masih hijau, burung-burung membuat
sarang, tanam palawija di lahan kering.
11. Desta, mulai 19 April, berusia 23 hari.
Seluruhnya memanen padi.
Penampakannya/ibaratnya: sotya (anak burung) sinara wedi
(disuapi makanan).
Masih ada waktu untuk palawija, burung-burung menyuapi anaknya.
12. Sadha, mulai 12 Mei, berusia 41 hari.
Para petani mulai menjemur padi dan memasukkan ke lumbung.
Di sawah hanya tersisa dami.
Penampakannya/ibaratnya : tirta (keringat) sah saking sasana
(badan) (air pergi darisumbernya, masa ini musim dingin, jarang orang
berkeringat, sebab sangat dingin).
Musim menumpuk jerami, tanda-tanda udara dingin pada pagi
hari.
Dari Pranata Mangsa itu diketahui bahwa pada bulan
Desember-Januari-Pebruari adalah musimnya badai, hujan, banjir dan longsor.
Mendekati kecocokan dengan situasi alam sekarang dan jadwal
itu sesuai dengan perubahan iklim yang telah disepakati bersama.
Selanjutnya pada musim Kawolu antara 2/3 Pebruari - 1/2
Maret, bersiap-siaga waspada menghadapi penyakit tanaman maupun wabah bagi
manusia dan hewan, mungkin akibat dari banjir, badai dan longsor tersebut akan
berdampak menyebarnya penyakit dan kelaparan.
Hal tersebut masuk akal, karenamanusia atau binatang bahkan
tanamanpun belum siap mempertahankan diri dariserangan hama penyakit.
Kaitannya dengan para nelayan, mereka melaut sambil membaca
alam dengan melihat letak bintang yang dianggap patokan yang selalu menemani
saat melaut.
Sudah tentu mereka mengetahui pada bulan-bulan berapa mereka
saat yang baik melautdan akan mendapatkan ikan banyak.
Sebaliknya mereka mengetahui saat-saat tidak melaut,
berbahaya dan tidak akan menghasilkan apa-apa.
Pada saat-saat itulah mereka gunakan waktu untuk memperbaiki
jaring-jaring yang rusak, memperbaiki rumah dan pekerjaan selain melaut,
sehingga mereka dapat mengurangi risiko dan mencegah biaya produksi tinggi.
1. Mangsa Kasa/Sura :
Candrane : Sotya murca saking embanan.
Sotya = mutiara, murca = hilang.
Pindhane mutiara coplok saka embane.
Akeh godhong padha rontok, wit-witan padha ngarang.
Awal mangsa ketiga.
Umure : 41 dina. 22 Juni – 1 Agustus.
2. Mangsa Karo :
Candrane : Bantala rengka.
Bantala = lemah, rengka= pecah.
Lemah-lemah padha nela.
Mangsane paceklik larang pangan.
Umure : 23 dina. 2 Agustus – 24 Agustus.
3. Mangsa Katelu :
Candrane : Suta manut ing bapa.
Suta = anak.
Pindhane anak manut marang bapake.
Pungkasane mangsa ketiga.
Lung-lungan, bangsane
gadung, uwi, gembili padham rambat.
Umure : 24 dina. 25 Agustus – 17 September
4. Mangsa Kapat :
Candrane : Waspa kumembeng jroning kalbu.
Waspa = eluh, kumembeng = kembeng, kebak, kalbu = ati.
Pindhane eluh kebak ing jerone ati.
Sumber padha garing.
Awal mangsa labuh.
Umure : 25 dina. 18 Sptember – 12 Oktober.
5. Mangsa Kalima :
Candrane: Pancuran mas sumawur ing jagat.
Mas pindane udan.
Wiwit ana udan.
Para among tani wiwit padha nggarap sawah.
Umure : 27 dina. 13 Oktober – 8 Nopember.
6. Mangsa Kanem :
Candrane : Rasa mulya kasucian.
Pindhane mulya-mulya rasa kang suci.
Woh-wohan bangsane pelem lsp wiwit padha awoh.
Pungkasane mangsa labuh.
Udan wiwit akeh lan deres.
Umure : 43 dina. 9 Nopember – 21 Desember.
7. Mangsa Kapitu :
Candrane : Wisa kentir ing maruta.
Wisa = racun, penyakit; kentir = keli, katut ; maruta =
angin.
Pindhane : Penyakit akeh, akeh wong lara.
Umure : 43 dina. 22 Desember – 2 Pebruari.
8. Mangsa Kawolu :
Candrane : Anjrah jroning kayun. Anjrah = sumebar,
warata; kayun = karep, kapti.
Pindhane akeh pangarep-arep.
Para among tani padha ngarep-arep asile tanduran.
Wit pari padha mbledug.
Umure : 26 dina. 3Pebruari – 28 Pebruari.
9. Mangsa Kasanga :
Candrane : Wedharing wacana mulya.
Wedhar = wetu; wacana = pangandikan, swara, uni; mulya =
mulia, endah.
Pindhane akeh swara kang keprungu endah, kepenak.
Garengpung padha muni, gangsir padha ngethir, jangkrik padha
ngerik.
Umure : 25dina. 1 Maret – 25 Maret.
10. Mangsa Kasepuluh/Kasadasa :
Candrane : Gedhong mineb jroning kalbu.
Pindhane akeh kewan padha meteng.
Kucing padha gandhik.
Manuk padha ngendhog.
Umure : 24 dina. 26 Maret – 18 April.
11. Mangsa Dhesta :
Candrane : Sotya sinarawedi.
Sotya = mutiara; sinarawedi = banget ditresnani.
Pindhane kaya mutyara kang banget ditresnani.
Mangsane manuk ngloloh anake.
Mangsa mareng.
Umure : 23 dina. 19 April – 11 Mei.
12. Mangsa Sada :
Candrane : Tirta sah saking sasana.
Tirta = banyu; sah = ilang; sasana = panggonan.
Pindhane wong-wong ora kringeten jalaran mangsa bedhidhing
(adhem).
Akhir mangsa mareng.
Umure : 41 dina. 12 Mei – 21 Juni.
Semoga bermanfaat...!!
Semoga bermanfaat...!!
No comments:
Post a Comment