Monday 18 July 2016

PISANG AMBON BERTANDAN DUA DAPAT DITURUNKAN PADA ANAKANNYA.



 Tanaman  ini berasal dari Asia dan tersebar di spanyol, Itali, Indonesia, Amerika dan bagian dunia yang lain.
Tumbuhan pisang menyukai daerah alam terbuka yang cukup sinar matahari, cocok tumbuh didataran rendah sampai pada ketinggian 1000 m dpl.
Pada dasarnya tanaman pisang merupakan tumbuhan yang tidak memiliki batang sejati.
Batang pohonnya terbentuk dari perkembangan dan pertumbuhan pelepah pelepah yang mengelilingi poros lunak panjang, Batang pisang yang sebenarnya terdapat pada bonggol yang tersembunyi di dalam tanah.
Pohon pisang dengan buah lebih dari 1 tandan sebenarnya bukanlah merupakan fenomena baru, di beberapa daerah di Indonesia seperti di Jambi fenomena pohon pisang bertandan lebih dari satu ini pernah dijumpai.
Banyak orang berpendapat bahwa kelainan genetis yang membuat pisang bertandan lebih dari satu bukanlah kelainan genetis yang bersifat menetap/permanent.
Namun pada pertanaman pisang yang berasal dari induk bertandan dua hasil eksplorasi dari Kebun Petani di Jambi dan ditanam di Lembang, ternyata  tetap menghasilkan tanaman pisang yang  bertandan dua.
Bahkan ketiga anakannya semua bertandan dua.
Untuk memperbanyak pohon pisang dengan tandan lebih dari satu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil bonggol anakannya kemudian titik tumbuhnya dimatikan.
Bonggol anakan yang telah dibersihkan di benamkan kedalam tanah dan satu bulan kemudian akan muncul 3-4 anakan (Suckernya).

Semoga Bermanfaat..

No comments:

Post a Comment