Sunday 3 July 2016

CARA ATASI LALAT BUAH



Lalat Buah atau biasa dikenal dengan nama latinnya yakni Bactrocera sp. Yang merupakan termasuk salah satu jenis hama yang dapat menyebabkan banyak sekali kerugian pada tanaman hortikultura, yang banyak dibudidayakan dan ditanam seperti tanaman melon, semangka, cabai, mangga, belimbing, jambu, nangka dan juga pada tanaman hortikultura yang lainnya.

Cara Mengatasinya

Akibat serangan lalat buah ini akan mengakibatkan penurunan produktivitas buah, kualitas buah menjadi menurun, kegagalan pasca panen, buah menjadi berjatuhan, abnormal dan bahkan dapat mengakibatkan pada tanaman menjadi rusak dan pertumbuhannya pun menjadi lambat.
Apabila buah yang sudah diserang oleh hama lalat buah ini maka tidak layak lagi dapat dikonsumsi maupun dipasarkan, sehingga akan mengakibatkan kerugian yang terbilang sangat besar bagi para petani.

Gejala Akibat Serangan Hama Lalat Buah

Pada buah yang diserang oleh hama lalat buah ini akan mengakibatkan buah terdapat lubang yang kecil maupun besar dengan memiliki warna kehitaman, biasanya lubang tersebut digunakan untuk perkembangbiakan lalat buah atau penempatan larva anakan lalat buah.

Biasanya hama lalat buah ini akan menyerang pada tanaman yang sudah berbuah matang dengan sempurna, karena memiliki perdagingan buah yang cukup lunak sehingga di manfaatkan untuk hama ini menjadi tempat perletakan larva atau anakan dari lalat buah hingga menetas.
Kerusakan pada tanaman oleh serangan hama lalat buah ini akan mengakibatkan buah menjadi abnormal, busuk dan juga mengakibatkan buah menjadi berguguran.

Pengendalian Hama Lalat Buah

Untuk pengendalian pada hama lalat buah ini dapat dilakukan dengan cara diantaran sebagai berikut :

- Dengan melakukan pengumpulan buah yang tidak dapat di panen, dengan cara penyortiran untuk memutuskan siklus dari lalat buah disekitar tanaman tersebut.

- Dengan melakukan pembungkusan pada buah dari umur 1,5 bulan yang bertujuan untuk mencegah peletakan telur lalat buah tersebut.

- Dapat juga dengan melakukan pengasapan hal ini untuk membantu mengusir lalat buah yang ada di dalam lahan atau sekitar tanaman.

- Dengan membuat perangkap lalat buah, biasanya dapat dengan menggunakan bahan pemikat lalat buah.

- Dengan menanam pohon Mengkudu sebagai tanaman pagar, agar Lalat Buat meletakkan larva pada buah Mengkudu yang telah masak.

- Apabila sudah diketahui terkena gejala awal hama lalat buah, dapat juga dengan menggunakan pestisida kimia yang berbahan sintetik misalnya Deltametrin, Beta siflutrin dan Imidakloprid.


Semoga Bermanfaat..

No comments:

Post a Comment