Wednesday 21 September 2016

ORGANISME BERMANFAAT UNTUK TANAMAN


     Peranan utama organisme tanah adalah untuk mengubah bahan organik, baik segar maupun setengah segar atau sedang melapuk, sehingga menjadi bentuk senyawa lain yang bermanfaat bagi kesuburan tanah.
Sisa-sisa tanaman segar diubah menjadi bagian-bagian kecil oleh nematoda, keong, bekicot, serangga, rayap, tikus dan lain-lain.
Bagian kecil ini diserang oleh mikroflora dan binatang yang hidup dari jaringan mati atau membusuk. Bila sedikit air, bahan tersebut akan diserang bakteri dan fungi. Beriringan dengan proses itu, cacing-cacing akan mencampurkan bagian-bagian tadi antara lapisan atas dan bawah.
Aktifitas ini menyebabkan tanah menjadi gembur dan penyebaran bahan organik merata.
Kotoran cacing kaya akan unsur hara, karena itu cacing dapat memperkaya tanah dengan hara melalui kotorannya.

a. Organisme penambat nitrogen
        Sumber utama nitrogen untuk tanaman adalah gas nitrogen bebas di udara, yang menempati 78% dari volume atmosfer.
       Dalam bentuk unsur ia tidak digunakan oleh tanaman. Nitrogen gas harus dirubah menjadi bentuk nitrat ataupun ammonium melalui proses-proses tertentu agar dapat digunakan oleh tanaman.
Penambatan nitrogen dari udara dilakukan oleh bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan tanaman legin. Keadaan ini dapat dilihat dengan adanya bintil pada akar tanaman tersebut. Bintil ternyata merupakan hasil suatu iritasi pada permukaan akar, kurang lebih mirip dengan benjol-benjol pada daun dan batang yang disebabkan oleh insekta. Biasanya organisme masuk melalui akar rambut.        Tabung infeksi tumbuh sepanjang akar halus, dimana bintil kemudian dibentuk. Penambatan maksimum akan terjadi bila kadar nitrogen dalam tanah rendah. Jumlah gas nitrogen yang dapat ditambat oleh bakteri Rhizobium tergantung dari strein Rhizobium, tanaman inang, dan keadaan lingkungan, misalnya pH tanah, aerasi, drainase, kelembaban tanah dan kapur aktif.

b. Organisme penyerbuk
      Organisme lain yang bermanfaat adalah organisme penyerbuk tanaman, diantaranya adalah serangga, kumbang, kupu-kupu, kelelawar, burung, lebah dan lain-lain. Serangga umumnya menyerbuki tanaman yang bunganya berwarna kuning, burung menyerbuki tanaman yang bunganya berwarna jingga atau kemerah-merahan, sedangkan untuk kelelawar tertarik dengan tanaman yang bunganya warna pucat.


Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment