Thursday 22 September 2016

LANGKAH-LANGKAH PENYIAPAN LAHAN SEBAGAI TEMPAT PEMBIBITAN TANAMAN

1). Pembersihan lahan
Lahan sebagai tempat kegiatan dari pembibitan tanaman harus benar-benar bersih dari sampah dan tanaman pengganggu. Oleh karena itu pembersihan lahan sangatlah penting agar lahan tersebut terbebas dari sisa-sisa tanaman sebelumnya atau rerumputan semak-semak yang tumbuh, batu-batuan maupun sisa-sisa perakaran dari tanaman sebelumnya yang dapat mengganggu pertumbuhan akar bibit nantinya. Selain itu dimaksudkan untuk membebaskan tempat pembibitan dari sarang patogen yang akan menjadi sumber kontaminasi. Langkah pembersihan sama dengan kompetensi dasar penyiapan lahan

2). Jenis dan ukuran tempat pembibitan
Untuk mendukung tumbuhnya benih kecambah yang disemai dan bibit disapih di tempat pembibitan, maka dibutuhkan suatu tempat yang sesuai dengan keperluannya. Umumnya tempat pembibitan yang banyak digunakan antara lain :

a). Raised Bed
     Adalah tempat pembibitan yang berbentuk bedengan atau guludan pada lahan datar tanpa
     menggunakan atap/naungan diatasnya.

b). Sunked Bed
     Adalah tempat pembibitan yang berbentuk bedengan yang terletak dibawah permukaan tanah
     dengan kedalaman tertentu dan pada bagian-bagian atasnya diberi atap/naungan yang dapat dibuka
     tutup.

Tempat pemibibitan ini biasanya digunakan untuk daerah yang kelembabannya rendah dan tiupan anginnya cukup kencang sehingga dapat merusak kecambah yang baru tumbuh.

Umumnya tempat pembibitan yang banyak digunakan antara lain :

- Shade House
  Adalah tempat pembibitan yang berbentuk bedengan/guludan pada lahan datar dengan dilengkapi
  naungan yang dapat dibuka dan ditutup pada bagian naungannya.

- Green House
   Adalah tempat pembibitan yang berbentuk rumah kaca yang dapat dikendalikan temperaturnya dan    kelembaban udara didalamnya sesuai dengan kebutuhan benih kecambah yang ditanam.


Pada dasarnya tempat pembibitan dibuat dengan cara yang sama, terdiri dari bedengan dengan naungan atau tanpa naungan. Hanya bedanya dalam perlakuannya tergantung pada tujuan kebutuhan.



Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment