Tuesday 13 September 2016

CARA MEMBUAT TELUR ASIN DENGAN BATU BATA


Bahan untuk membuat telur asin :
- 200 butir telur bebek
- 2 kilogram garam dapur
- 5 kilogram batu bata yang telah dibubukkan


Cara membuat :

Pada tahap pembuatan telur asin dengan batu bata ini, kita perlu melewati enam proses tahapan.

1. Tahap pemilihan bahan
Saat memilih telur bebek, kita perlu memperhatikan kualitasnya dengan melihat bentuk, ukuran, warna, dan berat telur bebek. Sebaiknya berat telur bebek sama dan masih segar tentunya.
Jangan memilih batu bata yang berwarna merah kehitaman, karena kita akan kesulitan saat menumbuknya. Adonan batu bata yang merah kehitaman juga akan susah menyerap, sehingga garam dan air tidak menyatu dengan telur.

2. Tahap Pencucian
Tuang air ke dalam ember kemudian masukkan telur bebek, bersihkan telur dengan menggunakan kain yang telah dibasahi sampai kotoran terlepas dari cangkang telur.
Pada proses ini kita juga perlu memperhatikan apakah telurnya mengapung atau tenggelam, jika telur mengapung, berarti telur tersebut kualitasnya tidak bagus, dan perlu disingkirkan.
Setelah telur dibersihkan, kemudian tiriskan hingga benar-benar kering agar telur mudah dibungkus dengan adonan batu bata.

3. Tahap Pembuatan Adonan Batu Bata
Tumbuk batu bata dengan menggunakan palu. Setelah menjadi bubukkan tambahkan dengan garam, campur dua bahan tersebut dengan air secukupnya, jangan terlalu banyak, jangan sampai adonan batu bata terlalu encer.

4. Tahap Penggaraman
Bungkus telur bebek dengan adonan kira-kira ketebalan 0,5 cm. Adonan pembungkus harus merata pada telur agar asinnya pun merata. Simpan telur ke dalam pengaron. Setelah itu biarkan telur dalam pengaron selama beberapa hari. Jika ingin telur yang asin super, biarkan 15 hari, namun jika ingin asin yang sedang cukup menunggu 10 hari. Proses ini sebenarnya bisa dipercepat, caranya dengan meningkatkan tingkat kepekatan garam. Semakin banyak  garam yang dicampur ke dalam adonan, semakin cepat proses penggaramannya.

5. Tahap Pengupasan Adonan Batu Bata
Setelah menunggu cukup lama dan penuh kesabaran, tiba untuk memanen telur asin. Rontokkan adonan batu bata dari cangkang telur. Adonan jangan langsung dibuang, karena masih bisa dipakai lagi. Kita tinggal menambah adonan dengan 1 kilogram garam lagi, sebagai pengganti garam yang telah di serap telur sebelumnya.  Kemudian cuci telur dengan menggunakan kain yang dibasahi, tapi harus hati-hati jangan sampai telur retak apalagi sampai pecah.

6. Tahap Perebusan Telur Asin
Telur asin yang sudah dibersihkan kemudian direbus dalam panci yang sudah diisi dengan air. Perhatikan ketinggian airnya,  air harus di atas permukaan telur yah sis agar cepat matang dan merata. Tunggu hingga air rebusan mendidih, setelah mendidih jangan buru-buru diangkat telurnya. Tunggu kira-kira 15 sampai 30 menit sampai telur asin matang. Tiriskan telur asinnya.
Begitulah cara membuat telur asin dengan batu bata.



 Semoga Bermanfaat..

No comments:

Post a Comment