Thursday 22 September 2016

BERBAGAI MACAM BENTUK PAKAN KONSENTRAT


Berikut berbagai macam bentuk pakan konsentrat :

1. Bentuk Tepung (Mash)
Bentuk Tepung (Mash): biasanya untuk konsentrat ternak sapi, ayam petelur (Grower ,Layer), kambing dan domba, puyuh petelur (Stater, Layer). Mash adalah bentuk ransum yang paling sederhana yang merupakan campuran serbuk (tepung) dan granula. Ransum ini, semua campuran atau unsur digiling halus, dan dicampur merata (homogen). Bentuk ransum mash ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kebaikan ransum makanan yang halus ialah:
Komposisi ransum merata (homogen)

Kelemahannya :
Mudah tercecer
Pakan yang ada dalam tempat makanan harus sering diaduk
Pakan sering melekat diparuh, sehingga tempat minum kotor.

Bentuk ransum ini cocok untuk ayam starter, sesuai dengan kondisi ayam yang masih kecil.
Ternak unggas terutama ayam mudah menjadi bosan atau kurang terangsang, sebab ayam lebih tertarik kepada makanan yang berbentuk butiran.

2. Bentuk Pellet
Bentuk Pellet: biasanya untuk ternak ayam petelur (Layer), ayam pedaging (Finisher). Pellet adalah ransum yang berasal dari berbagai bahan pakan dengan perbandingan komposisi yang telah dihitung dan ditentukan. Bahan tersebut diolah menggunakan mesin pellet (pelletizer) untuk mengurangi loss nurisi dalam bentuk yang lebih utuh. Bentuk makanan ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan.

Keuntungan makanan bentuk pellet :
Merangsang selara makan, sebab ayam lebih tertarik kepada makanan yang berbentuk butiran, sedangkan setiap pellet memiliki kandungan gizi yang sama.
Makanan pellet tak mudah melekat pada tempat makan dan paruh, sehingga tidak ada makan yang tercecer.
ayam tak memilih-milih makanan.

Kekurangannya :
Harga relative mahal
Kemungkinan terjadi kerusakan beberapa zat makanan tertentu sewaktu terjadi proses pembuatan
Ayam akan lebih banyak minum

3. Bentuk Crumble/Remah
Bentuk Crumble (pecahan pellet): biasanya untuk ternak ayam pedaging (Stater), ayam petelur (stater, grower dan layer), Puyuh (Stater, Remaja). Ransum berbentuk pellet yang dipecah menjadi
2-3 bagian untuk memperkecil ukurannya agar bisa dimakan ternak.
Crumble ialah makanan butiran pecah (remah).
Kelebihan ransum berbentuk pellet adalah distribusi bahan pakan lebih merata sehingga loss nutrisi mudah dicegah dan tidak tercecer pada waktu dikonsumsi ternak.

4. Bentuk Kibble
Bentuk Kibble (campuran dari bentuk pellet, mash dan bijian yang dipecah): bentuk ini sangat jarang digunakan, hanya pabrikan pakan tertentu yang menggunakan bentuk ini.
Biasanya untuk ayam petelur (Layer).
MsoNormal> 

      Kelemahan dari perbedaan partikel bahan yang akan dibuat konsentrat akan mengakibatkan sulit bercampurnya partikel kecil dengan yang lebih besar. Bila konsentrat ini dimasukan kedalam karung, maka bahan baku yang partikelnya kecil akan turun kebagian bawah karung. Untuk dapat lebih mengenal bahan, kepada para siswa diperlihatkan bahan bahan yang umum digunakan dan ukuran partikelnya yang biasa dilakukan dalam pembuatan konsentrat sapi.



Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment