Thursday 30 June 2016

MANFAAT BAKTERI DALAM TUBUH MANUSIA



*Manfaat Bakteri Dalam Tubuh Manusia*


Dengan munculnya probiotik yang dijual sebagai suplemen kesehatan, telah menjadi umum yang merujuk pada bakteri dalam saluran usus sebagai bakteri "baik" atau bakteri "jahat".

Rata-rata bakteri dalam tubuh seseorang sekitar 100 trilyun bakteri dalam usus, menurut Harvard Medical School Panduan Kesehatan Keluarga. Bakteri “baik” melakukan sejumlah fungsi yang diperlukan dalam saluran usus.

Beberapa bakteri “jahat” tidak menyebabkan masalah asalkan jumlah mereka tetap rendah tetapi dapat membuat Anda sakit jika mereka berkembang biak atau berjalan ke bagian lain dari tubuh Anda.


*Mengalahkan Bakteri Jahat*

Bakteri baik membantu menjaga bakteri jahat berkembang biak dan menyebabkan penyakit dalam beberapa cara.
Mereka menggunakan nutrisi yang lebih sehingga bakteri jahat tidak memiliki akses kepada mereka.
Lactobacilli yang kebanyakan ditemukan di usus halus, dan Bifidobacteria, ditemukan terutama di usus besar, menjaga lingkungan asam dalam usus dengan memproduksi asam laktat, hidrogen peroksida dan asam asetat.

Lingkungan asam menghambat pertumbuhan bakteri jahat.
Bakteri baik juga memperkuat jaringan mukosa yang melapisi bagian dalam usus, sehingga sulit bagi racun untuk mendapatkan pijakan dan mengambil tempat tinggal.


*Mencerna Nutrisi*

Pencernaan makanan tergantung pada tindakan bakteri baik, yang memecah gula protein kompleks, dan lemak sehingga tubuh Anda dapat menyerap energi mereka.
Lactobacilli, mikroorganisme yang dominan ditemukan dalam usus kecil, memecah protein serta laktosa, yang ditemukan dalam produk susu, dan kolesterol untuk penyerapan.


*Mensintesis Vitamin*

Beberapa bakteri juga mensintesis vitamin.
Lactobacillus acidophilus adalah bakteri yang memproduksi vitamin K.
Asam laktat bakteri menghasilkan beberapa vitamin B-kompleks, sementara bakteri enterik memproduksi vitamin B-12.


*Membantu Sistem Kekebalan Tubuh*

Bakteri baik memainkan peran yang kuat dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.
Salah satu jenis Lactobacillus, L. caseii, menghasilkan bakteriosin, senyawa yang membatasi pertumbuhan bakteri berbahaya dalam usus halus.
Bakteri baik meningkatkan sel-sel darah putih yang disebut sel T, yang membantu dalam respon sistem kekebalan terhadap bakteri berbahaya.bakteri dalam sel usus manusia.

Sebuah tinjauan studi yang tersedia dilakukan oleh Sistem Administrasi Veteran Puget Sound Kesehatan dan diterbitkan pada April 2006 isu “The American Journal of Gastroenterology” menemukan bahwa mengambil probiotik, yang terdiri dari bakteri “baik”, dapat mempersingkat durasi diare setelah pemberian antibiotik dan infeksi Clostridium difficile.


*Semoga Bermanfaat..*

No comments:

Post a Comment