Sunday 17 September 2017

TIGA JENIS PEMANGKASAN PADA TANAMAN



Masing-masing dari jenis pemangkasan ini memiliki kelebihan sendiri yang dapat diperoleh.

Keuntungan dari melakukan pemangkasan pada tanaman adalah dapat meningkatkan kesehatan tanaman dan keindahan tanaman. 
Pelaksanaan pemangkasan  tanaman yang baik, khususnya untuk pohon, harus memperhatikan waktu pelaksanaan yang tepat.

Ada 3 jenis pemangkasan yang dilakukan agar tanaman dapat tumbuh sesuai dengan harapan, yang tentunya memberikan hasil yang optimal.
Masing-masing dari jenis pemangkasan ini memiliki kelebihan sendiri yang dapat diperoleh, berikut adalah penjelasan lebih lanjut 3 jenis pemangkasan :

1. PANGKAS BENTUK
Pemangkasan ini bertujuan untuk membentuk tajuk tanaman seawal mungkin, pada umur tanaman yang masih muda.
Pada beberapa jenis tanaman tertentu (mangga misalnya), pangkas bentuk dilakukan dengan mengikuti pola 1-3-9 yang berarti 1 batang utama yang dipangkas akan menghasilkan beberapa cabang primer dan dari beberapa cabang primer tersebut dipilih 3 cabang yang pertumbuhannya paling seragam dan seimbang dengan arah pertumbuhan yang proporsional (misalnya membentuk sudut 120 bersilangan).
Dari 3 cabang primer yang dipelihara ini, masing-masing cabang akan dipangkas lagi untuk menghasilkan 3 cabang sekunder dengan pertumbuhan terbaik, seimbang dan proporsional.

2. PANGKAS PRODUKSI
Pemangkasan ini bertujuan untuk merangsang munculnya tunas-tunas produktif, khususnya tunas-tunas yang berada di tajuk bagian terluar dari tanaman.
Semakin banyak tunas produktif di ujung ranting, maka kemungkinan munculnya bunga dan buah juga akan semakin banyak, artinya jumlah bunga/buah berbanding lurus dengan jumlah ujung ranting produktif.

3. PANGKAS PEMELIHARAAN
Lebih ditujukan untuk memeliharan kesehatan tanaman secara keseluruhan dengan melakukan pemangkasan bersamaan dengan pemberian pupuk dan umumnya harus dilakukan pasca tanaman menyelesaikan periode berbuah, saat dimana energi tanaman terkuras habis untuk membesarkan buah, dimulai saat pentil buah terbentuk hingga buah masak fisiologis.
Pemangkasan dilakukan dengan memangkas habis semua ujung-ujung ranting tempat keluarnya bunga/buah (contoh mudah adalah pada tanaman mangga, rambutan, dan klengkeng). Pemangkasan ujung-ujung ranting akan merangsang keluarnya tunas-tunas baru yang jumlahnnya akan lebih banyak dari jumlah tunas sebagai ujung ranting. 



Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment