Sunday 17 September 2017

APA BEDANYA AGROTEKNOLOGI, TEKNOLOGI PERTANIAN DAN TEHNIK PERTANIAN..??



Apa bedanya Agroteknologi, Teknologi Pertanian dan Tehnik Pertanian..?

Jurusan Agroteknologi yang merupakan bagian dari "Fakultas Pertanian" itu materi kuliahnya tentang teknologi bertani, mengurusi hal-hal pertanian sebelum panen, seperti teknik pembibitan, pengendalian hama, teknik bercocok tanam, dan sebagainya sampai tanaman siap panen.

Sedangkan "Fakultas Teknologi Pertanian" merupakan fakultas dengan dua pilihan jurusan, yaitu Teknologi Hasil Pertanian dan Teknik Pertanian.

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) itu kuliahnya tentang pengetahuan bahan hasil pertanian, penanganan, pengolahan, dan manajemen ekonomi bahan hasil pertanian (pasca panen) baik untuk bahan pangan maupun non-pangan. Jadi mahasiswa di THP diajari untuk menangani bahan hasil pertanian sejak pasca panen.

Untuk Jurusan Teknik Pertanian (TP) itu kuliahnya lebih ke mekanisasi pertanian, mempelajari faktor-faktor pertanian seperti tanah, pengairan, dan lainnya yang kemudian digunakan untuk membuat alat-alat pertanian.
Jadi kuliahnya ada tentang mesin pertanian, otomatisasi alat pertanian (elektro), rancang bangun pertanian, dan lain sebagainya.

Mungkin itu yang dapat kami sampaikan.


semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment