Thursday 26 July 2018

PUPUK GUANO


Asal muasal Guano (dari Runa Simi 'wanu' melalui Bahasa Spanyol) merujuk pada Tinja Burung Laut.
Bangsa Inca mengumpulkan Guano dari pesisir Peru untuk penyubur tanah.
Mereka memberikan penghargaan tinggi pada Guano, membatasi akses atasnya dan menjatuhkan hukuman pada pihak yang mengganggu produsennya hingga mati.
Mengingat semakin banyaknya dampak negatif terhadap lingkungan yang di timbulkan dari penerapan teknologi intensifikasi yang mengandalkan bahan kimia organik, maka penggunaan Pupuk Organik yang ramah lingkungan merupakan salah satu cara yang perlu dikembangkan.
Dengan mengolah kotoran hewan menjadi Pupuk Organik, maka diperoleh nilai tambah dan manfaatnya semakin tinggi karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tanaman dan lebih ramah lingkungan.
Salah satu jenis Pupuk Organik adalah Pupuk Guano.
Pupuk Guano adalah Pupuk yang berasal dari Kotoran Kelelawar atau Burung Laut yang sudah mengendap lama di dalam Gua dan telah bercampur dengan tanah dan bakteri pengurai.
Superfosfat yang terbuat dari Guano digunakan untuk topdressing.
Tanah yang kekurangan zat organik dapat dibuat lebih produktif dengan tambahan pupuk ini.
Pupuk Guano mengandung Nitrogen, Fosfor dan Potassium yang sangat bagus disamping Amonia, Asam Urat, Asam Fosfat, Asam Oksalat, dan Asam Karbonat, serta Garam Tanah.
Pupuk Guano merupakan bahan yang efektif untuk penyubur tanah maupun mesiu karena kandungan Fosfor dan Nitrogennya tinggi.
Tingginya kandungan Nitrat juga menjadikan Guano komoditas strategis untuk :
• Mendukung pertumbuhan
• Merangsang akar
• Kekuatan batang tanaman
Menurut penelitian dari Universitas Cornell di New York Amerika mengenai kegunaan Guano sebagai Pupuk Organik menyatakan bahwa kotoran Kelelawar atau Burung Laut (Guano) memiliki kadar Nitrogen yang besar, serta mengandung kadar unsur Fosfat (bahan utama penyusun pupuk disamping Nitrogen dan Potassium) tertinggi dan kadar Kalium yang besar pula.
Pupuk Guano mengandung semua unsur atau mineral mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.
Jika dibandingkan dengan Pupuk Kimia buatan,Pupuk Guano tidak mengandung zat pengisi.
Pupuk Guano tinggal lebih lama dalam jaringan tanah, meningkatkan produktivitas tanah dan menyediakan makanan bagi tanaman lebih lama dari pada pupuk kimia buatan.
Pupuk alami seperti inilah yang saat ini sedang dicari sebagai pengganti pupuk yang terbuat dari bahan kimia, karena lebih ramah lingkungan juga tidak mengandung efek lain yang ditimbulkan.


Semoga bermanfaat...



1 comment:

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can say to your man... that will induce deep feelings of love and impulsive attraction to you deep inside his chest?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, look after and guard you with all his heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Love Impulse

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will make him work better than ever before to build your relationship stronger.

    As a matter of fact, fueling this dominant instinct is so important to getting the best possible relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will soon find him expose his heart and soul for you in a way he's never expressed before and he will perceive you as the only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

    ReplyDelete